Perayaan Hati Kudusan di Jambi

Kalau bulan Mei disebut bulan Maria, bulan Juni sering diasosiasikan dengan bulan Hati Kudus. Ini karena Hari Raya Hati Kudus Yesus jatuh pada salah satu hari Jumat di bulan Juni. Komunitas Awam Dehonian (KAD) wilayah Jambi pun turut mempersiapkan hari raya Gereja ini dengan berbagai kegiatan. Anggota KAD Jambi membahas konsep perayaan Hati Kudus tahun ini dalam kesempatan pertemuan doa Thesaurus yang mereka adakan tiap Kamis malam, pukul 19.00, per minggunya.

Dengan penuh semangat, terwujudlah rencana Novena Hati Kudus Yesus selama 9 hari sebelum pesta puncak. Awam Dehonian tersebut mengadakan novena di rumah masing-masing selama 6 hari, lalu dilanjutkan dengan triduum (3 hari) bersama di gereja. Pada saat menjelang perayaan Hati Kudus, 16 Juni 2023 kemarin, ibu-ibu awam Dehonian tampak menghias altar gereja dengan bunga-bunga dan gambar Hati Kudus. Sebagian lain bergiat dalam latihan kor, mazmur, lektor untuk perayaan ekaristi Hati Kudus-an. 

Pada saat perayaan ekaristi Hati Kudus, terdapat empat imam SCJ tampil di altar, dengan selebran utama Rm. Laurensius Purwanto SCJ. Dalam misa ini, para imam Dehonian juga mengucapkan pembaharuan kaul SCJ sebagai bukti kesetiaan akan pembaktian diri mereka. Dengan semangat Hati Kudus Yesus, komunitas awam Dehonian merasakan Sint Unum dan semangat “Jadikanlah hatiku seperti hati-Mu.” Setelah perayaan ekaristi, para imam, KAD dan segenap umat yang hadir mengadakan ramah tamah dengan makan bersama.

Patut disyukuri bahwa di tengah-tengah kesibukan dan aktivitas keseharian, awam Dehonian mau memberi diri untuk mengikuti kegiatan menggereja dan berdevosi. Sungguh terasakan sukacita yang mengalir dari Hati Kudus Yesus sendiri, terutama bagi mereka yang berdevosi kepada-Nya.

(Mateus Hutabarat – KAD Jambi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*