Virtual Dehonian Day

Keyakinan akan kebenaran sabda Tuhan: “…Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman”(Matius 28:20), membuat Komunitas Postulat-Novisiat SCJ St. Yohanes Gisting memberanikan diri untuk membentuk panitia acara besar tahunan, yaitu Dehonian Day yang ke 178 (DD 178). Sejak bulan Oktober 2020 yang lalu, panitia DD 178 bekerja keras mempersiapkan acara tersebut semeriah dan seaman mungkin mengingat bahwa pandemi Covid 19 masih menjangkit dunia terutama bumi pertiwi kita, Indonesia. Dijadwalkan DD 178 diadakan bertepatan dengan tanggal kelahiran Pater Dehon pada Minggu, 14 Maret 2021 yang lalu.

            Acara Dehonian Day merupakan acara untuk merayakan hari kelahiran bapa pendiri Kongregasi Imam-Imam Hati Kudus Yesus (SCJ) dan hari panggilan Dehonian. Acara ini menjadi sarana berbagi sukacita dan kasih persaudaraan kepada setiap orang terutama anak-anak. Ini juga sebagai sarana latihan kepemimpinan bagi para frater dan bruder di Komunitas Postulat-Novisiat SCJ St. Yohanes Gisting. Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya acara ini terbukti sangat bermanfaat baik bagi para perserta maupun panitia. Acara ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu banyak orang terutama anak-anak sebagai wadah mengembangkan dan mengekspresikan diri.

            Pandemi Covid 19 menuntut panitia mengemas acara yang sesuai dengan protokol kesehatan demi menjaga keamanan dan kenyaman jangka panjang. Panitia memutuskan acara DD 178 diadakan secara virtual. Ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu secara langsung berkumpul di lingkungan komunitas kami, melainkan memanfaatkan media sosial sebagai tempat berkumpul dan berdinamika dengan lebih aman.

Don’t be afraid, The Lord is with you adalah tema yang dipilih untuk membungkus acara DD 178 dengan penuh makna. Kiranya tema DD 178 yang dicanangkan sangat relevan dengan situasi pandemi ini. Kita tidak mau berhenti berharap dan berusaha karena kita percaya pada perlindungan Tuhan, tentu dengan kehati-hatian yang tinggi. Oleh karena itu, panitia menyelenggarakan perlombaan-perlombaan yang sesuai dengan situasi pandemi secara virtual. Perlombaan itu berjumlah sepuluh cabang perlombaan antara lain Lomba Lektor, Mazmur, Koor, Menghias Altar Doa, Senam Ibu-Ibu, Video Kreatif, Deklamasi Puisi, Story Telling, Tari Tradisional, dan Tik-Tok Challenge. Para peserta berjumlah 19 kontingen yang berasal dari beberapa paroki antara lain dari Paroki St. Pius X Gisting, St. Yusuf Pringsewu, St. Andreas Mesuji, St. Yusuf Pekerja Tulang Bawang, dan satu kontingen dari luar negeri yaitu dari Umat Katholik Indonesia (UKI) Toronto, Kanada. Mereka semua tampak sangat antusias mengikuti acara ini.

            Perlombaan-perlombaan mereka ikuti dengan cara mengirimkan rekaman video perlombaan dari tempat masing-masing kepada panitia. Kemudian panitia mengunggahnya di channel Youtube Komunitas Postulat-Novisiat SCJ. Video-video ungahan itu akan dinilai oleh juri yang telah ditunjuk panitia dengan mengikuti Petunjuk Teknis (Juknis) dari panitia. Selain itu, publik juga bisa memberi penilaian mereka. Jumlah viewers dan like yang mereka dapatkan tentu diperhitungkan 10 %  dari nilai keseluruhan.

            Opening ceremony dan perayaan Ekaristi pada Minggu, 14 Maret 2021dimulai pukul 08:30 hingga pukul 11:15 WIB dilakukan secara live streaming di channel Youtube Komunitas. Opening ceremony dianimasi oleh MC dari panitia dan diisi oleh beberapa kata sambutan yaitu dari Ketua Panitia Fr. Gregorius Sigit, Penanggungjawab Acara yaitu Rm. Yohanes Rasul Susanto SCJ. Selain itu kata sambutan dari Pater Propinsial SCJ yaitu Rm. Titus Waris Widodo SCJ dan kata sambutan dari Mgr. Yohanes Harun Yuwono ikut memeriahkan opening ceremony. Penampilan dari Kontingen UKI Toronto juga ikut menyemarakkan dengan penampilan mereka yang menarik. Mereka yang berbahasa inggris mempersembahkan nyanyian berjudul Kasih Ibu yang berbahasa Indonesia.

Staff Postulat-novisiat SCJ bersama Rm Wicak SCJ (Paling kiri)

            Perayaan Ekaristi menjadi puncak dari seluruh rangkaian acara Dehonian Day 178. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Rm. Yohanes Samiran SCJ sebagai Vikaris Jendral (VikJen) Keuskupan Tanjungkarang dengan konselebran Rm. Yohanes Rasul Susanto SCJ dan Rm. Yohanes Ngatijan SCJ. Perayaan Ekaristi berlangsung khidmat. Usai perayaan Ekaristi, panitia mengumumkan para pemenang lomba DD 178 dalam sebuah unggahan video yang ditayangkan tepat pukul 11:30 WIB.

            Patut untuk disyukuri bersama bahwa acara DD 178 ini dapat berlangsung dengan lancar, aman, dan memberi sukacita berlimpah bagi yang mengikutinya. Kerjasama yang baik dari berbagai pihak telah mendukung kelancaran acara ini. Harus disadari pula bahwa rahmat Tuhan bekerja secara nyata menyertai seluruh rangkaian acara mulai dari persiapan hingga perhelatan usai. Tanpa rahmat yang Mahakuasa, maka itu semua takkan pernah terjadi.

            Dehonian Day 178 menjadi acara yang pertama kali diadakan secara virtual dalam sejarah komunitas. Hal ini membawa pengalaman baru penuh makna dan manfaat baik bagi para peserta, para panitia dan bagi setiap orang yang terlibat dengan caranya masing-masing. Semua ini mampu memberi peneguhan iman akan sabda Yesus yang selalu menyertai dan memberi sukacita bagi setiap orang yang percaya. Harapannya semoga semakin bertambah banyaklah anak-anak atau orang muda yang berani menanggapi panggilan Tuhan untuk menjadi imam, biarawan/i dan kitapun harus semakin percaya bahwa Tuhan akan senantiasa menyertai. Maka hendaknya tema DD 178 kita jawab dalam diri masing-masing dengan kata-kata: I don’t be afraid because The Lord is with me.

            vo_made

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*