Ayo Jadi “Sobat Asyik” – Dehonian Day Skolastiat SCJ 2021

Pada tahun 2021 ini, para Romo, Frater, dan Bruder di Komunitas Skolastikat SCJ Yogyakarta, mengadakan acara Dehonian Day yaitu ulang tahun pendiri kongregasi SCJ, Pater Yohanes Leo Dehon ke-178 secara virtual. Dalam acara DD-178 ini, kami mengangkat tema solidaritas dengan bertajuk “Sobat Asyik” yaitu Aku Solider, Ya Ikuti Kristus!

Adapun pemilihan tema ini berangkat dari pengalaman duka seluruh masyarakat dalam menghadapi Pandemi Covid-19, serta kesadaran akan pentingnya membangun sikap solider di masa Pandemi Covid-19. Maka, tujuan acara DD ini, selain untuk memperkenalkan Pater Dehon dan SCJ, meneguhkan mereka yang telah menyadari panggilan untuk menjadi Imam, dan biarawan-biarawati, acara ini juga bertujuan untuk mengundang kaum muda-mudi Katolik menjadi sobat Asyik dalam dunia masa kini.

Total peserta sekitar 130 orang yang ikut acara DD 178

Pada tahun ini, kami membuka kesempatan bagi semua kaum muda-mudi Katolik di Indonesia untuk ikut serta dalam acara ini. Secara khusus, kami mengundang dan memberi kesempatan bagi kaum muda-mudi Katolik di berbagai paroki tempat SCJ berkarya untuk mengenal Pater Dehon dan SCJ secara mendalam.

Menjelang acara Dehonian Day tiba, kami begitu bahagia dan gembira sekali karena banyak kaum muda-mudi Katolik yang mau ikut serta dalam acara ini. Hal tersebut tentu membuat kami semakin bersemangat dalam mempersiapkan dan mensukseskan acara ini di tengah-tengah kesibukan kami sebagai mahasiswa filsafat Keilahian di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Mereka semua berasal dari berbagai Keuskupan, seperti Keuskupan Agung Medan, Keuskupan Padang, Keuskupan Agung Palembang, Keuskupan Tanjung Karang, Keuskupan Agung Jakarta, Keuskupan Bogor, Keuskupan Surabaya, Keuskupan Agung Semarang, Keuskupan Agung Pontianak, Keuskupan Timika, dan Keuskupan Manado.

Secara keseluruhan, peserta yang mendaftar secara pribadi ada sekitar 90 kaum muda-mudi termasuk seminaris dari Malang, Mertoyudan, dan Palembang. Sedangkan yang mendaftar atas nama komunitas dan paroki ada sekitar 7 yang terdiri dari 5 s.d. 30 peserta. Jadi total seluruh peserta yang mendaftar ada sekitar 150 peserta.  Namun, yang hadir pada saat acara Dehonian Day ada sekitar 120 peserta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*