Berakar Dalam Kritus

Prasetya Kekal dan Pembaharuan Kaul

Selasa, 20 Juli 2021 pemandangan Kapel Skolastikat tak seperti biasanya. Pada hari yang membahagia ini,  Kongregasi Imam-Imam Hati Kudus Yesus (SCJ) Provinsi Indonesia menerima 8 frater yang mempersempahkan diri secara kekal dalam kongregasi dan 44 frater dan 2 bruder yang memperbarui kaul. Perayaan Ekaristi dimulai pukul 9.30 dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Skolastikat SCJ.

Perayaan Ekaristi berlangsung dengan hikmat. Harmoni suara para frater saat koor menambah keagungan peristiwa prasetya kekal hati itu. Mereka yang mengikrarkan kaul kekal ialah :

  1. Fra. Agustinus Tri Winarno, SCJ,
  2. Fra. Albertus Bayu Christanto, SCJ,
  3. Fra. Finsentius Ari Setiono, SCJ,
  4. Fra. Fransiskus Suseno, SCJ,
  5. Fra. Jonathan Christian Munthe, SCJ,
  6.  Fra. Martinus Joko Widiatmoko, SCJ,
  7. Fra. Stephanus Lisdiyanto, SCJ, dan
  8. Fra. Yosafat Hengki Sanjaya, SCJ

Pemimpin perayaan Ekaristi dan penerima kaul kekal ialah Rm. Yulius Sunardi, SCJ selaku wakil Pater Provisial SCJ Indonesia dan ditemani oleh 8 imam sebagai konselebran.

Rm. Yulius Sunardi SCJ

Pada perayaan Kaul Kekal tahun ini, para frater mengambil tema “Berakar, Bertambah Teguh, dan Berlimpah Syukur” (Bdk. Kol 2:7). “Memilih tema ini sebagai bagian yang membuat kita berada pada jalur yang benar”, pungkas Rm. Y. Nardi, SCJ dalam khotbahnya. “Tema ini menjadi alasan yang baik untuk senantiasa berakar pada Kristus di tengah godaan dan tantangan dunia yang senantiasa menyelimuti bahkan membuat kita nyaman”, tambah Rm. Y. Nardi dalam khotbahnya. Refleksi ini semakin ditegaskan oleh Fra. Christian dalam sambutan dan refleksinya “Kaul Kekal justru menjadi kesempaatan untuk semakin teguh dalam cara hidup seorang religius dengan semua tugas dan tanggungjawab yang dipercayakan kepada kami….keteguhan hati, komitmen panggilan ditemukan dalam proses pengolahan dan mengatasi tantangan dalam panggilan.”

Berserah diri Total kepada Tuhan dan mohon doa dari para kudus.

 Setelah proses prastya kekal selesai dilanjutkan dengan proses pembaruan kaul oleh 44 frater dan 2 bruder (termasuk mereka yang membarui kaul di Palembang). Beberapa frater membarui kaul mereka dalam jaringan. Hal ini dikarenakan masih menjalani karantian, proses pemulihan diri dari covid-19. Rm. Y. Sunardi, SCJ meneriam semua pembaruan kaul para frater dan bruder di Yogya dengan ditemani oleh Rm. Kusmaryadi, SCJ (selaku Rektor Skolastikat), dan Rm. Y. Eko, SCJ (Selaku Pimpinan Komunitas VVP)

Orang tua Fr. Christian dan kakaknya berfoto bersama para frater yang berkaul kekal

Dalam persitiwa agung ini hadir pula perwakilan orang tua dari para frater yaitu Ibu Patricia Setyowati, orang tua dari Frater Jonathan Christian Munthe. Ibu Patricia menjadi wakil dari para orang tua para frater yang tidak bisa hadir. Ibu Patricia menyerahkan 8 frater kepada Kongregasi SCJ untuk mengikrarkan kaul kekal. “Jalanilah panggilan Tuhan dengan penuh sukacita, setia dengan janjinya”, pesan Ibu Patricia kepada para frater yang mengikrarkan kaul kekal.

Perayaan Ekaristi berlangsung sekitar 2 jam. Setelah perayaan selesai acara dilanjutkan dengan ramah tamah dengan tetap mengindahkan protocol kesehatan yang ketat. Semoga para frater yang telah berkaul kekal dan para frater dan bruder yang membarui kaul semakin teguh dalam panggilan. Serta, semakin menjadi berkat bagi Kongregasi dan bagi banyak orang. Amin

Yogyakarta, 20 Juli 2021

oleh fr. Hofer SCJ

Foto-foto bisa Anda lihat di sini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*