Jalan Dehonian – Day 3

Bersama Gereja universal, peserta pertemuan Komunitas Awam Dehonian (KAD) menyambut hari ketiga ini dengan Perayaan Ekaristi Minggu Adven I. Misa dipimpin oleh Rm. Indra Sepriandika SCJ, didampingi oleh Rm. C. Wahyu SCJ, Rm. Agustinus Setyoaji SCJ dan Rm. A. Inharjanto SCJ. Dalam kotbahnya, Rm. Indra mengajak peserta untuk senantiasa berjaga dan siap sedia dalam penziarahan hidup ini. Seusai Perayaan Ekaristi, santapan jasmani berupa sarapan telah tersedia bagi para peserta untuk dinikmati sembari makin mempererat obrolan persaudaraan di antara mereka.

Rm. Indra SCJ

Pukul 8.30 peserta berkumpul kembali di aula RPCB untuk mendapat pengantar dari Rm. Wahyu, sebelum dibagi dalam kelompok simulasi. Sesi simulasi ini pada dasarnya adalah untuk mengisi pertemuan dalam kelompok di wilayah atau komunitas masing-masing. Buku yang digunakan adalah buku ‘Jalan Dehonian’ yang disusun oleh Komisi Komunitas Awam Dehonian Indonesia. Dalam simulasi ini, masing-masing kelompok saling memberi masukan sehingga dapat semakin memperkaya satu sama lain. Selain itu, simulasi menggunakan buku ‘Jalan Dehonian’ ini juga dilakukan agar terjadi keselarasan struktur dan isi pada masing-masing wilayah atau entitas. Harapannya, tidak lagi menimbulkan  kebingungan apabila terjadi pertemuan bersama dalam rangka formasio. Simulasi ini melibatkan para Romo dan Bruder yang ada dalam Komisi KAD.

Dengan khusyuk, peserta menimba rahmat dalam Ekaristi

Setelah simulasi selesai, dilanjutkan sesi konsolidasi yang diisi oleh Bapak Philipus Hariyadi sebagai Ketua KAD Nasional. “Saya mengajak rekan-rekan peserta pembinaan ini, yang mewakili masing-masing wilayah, agar terus menggiatkan terjadinya pertemuan-pertemuan baik per wilayah dan juga pertemuan bersama,” ujar Pak Hariyadi. Beliau juga menegaskan bahwa pertemuan itulah yang pada akhirnya dapat menjadikan KAD sebagai komunitas persaudaraan yang guyub dan bersemangat Dehonian.

Semangat Sint Unum (Semoga mereka bersatu) dibawa dalam hidup mereka para Dehonian

Selain pertemuan, Pak Har juga menekankan kembali agar masing-masing wilayah aktif mengimplementasikan pilar misi KAD. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan menggereja, dan juga masuk dalam kelompok-kelompok kategorial. Dengan ikut terlibat, maka akan menjadi sangat mungkin bagi kita untuk masuk dan menyebarluaskan Kerajaan Allah dengan semangat Dehonian.

Foto bersama sebelum berpisah.

Hari ketiga merupakan hari terakhir dari pembekalan dan konsolidasi bagi KAD. Seluruh rangkaian kegiatan selama tiga hari ini ditutup dengan makan bersama sebelum perwakilan dari masing-masing wilayah atau komunitas kembali ke tempatnya masing-masing. Semoga melalui pembekalan dan konsolidasi ini, masing-masing wilayah semakin giat dan gencar untuk mengikuti jalan cinta kasih, jalan Dehonian, untuk mencapai persatuan dengan Allah. Hati Kudus Yesus senantiasa memberkati.

(Fr. Emanuel Widi Prasetyo SCJ)

Foto-foto lebih lengkap bisa di lihat di sini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*