Menjalain Persaudaraan di Tengah Pandemi

Perayaan Ekaristi dalam Rangka Dehonian Day 179

Sudah jadi program tahunan, setiap Hari Minggu mendekati tanggal 14 Maret, Komunitas Postulat-Novisiat SCJ Gisting mengadakan Dehonian Day. Tahun ini Dehonian Day ke 179 dirayakan pada Hari Minggu, 13 Maret 2022. Dehonian Day 179 terasa lebih spesial, karena dihadiri oleh Pater Provinsial SCJ, RP Andreas Suparman SCJ. Beliau juga berkenan memimpin perayaan Ekaristi Dehonian Day 179.

Uforia Dehonian Day 179 sudah terasa sejak beberapa bulan yang lalu. Para sahabat Dehonian Day terlihat begitu antusiaS mempersiapkan perlombaan yaang diselenggarakan untuk memeriahkan Dehoian Day kali ini. Semangat mereka terlihat dari video-video yang mereka kirIm ke para frater sebagai panitia. Sampai hari H keantusiasan mereka merayakan Dehonian Day tidak surut. Ada dari antara mereka yang nge-share kebersamaan mereka sedang nobar (nonton bareng) acara puncak dan mengikuti Ekaristi streaming secara bersama-sama.  

Ekaristi Dehonian Day 179 yang juga disiarkan secara online, dihadiri oleh beberapa imam SCJ, antara lain: Romo Kamto, Romo Ngatijan, Romo Yudis, Romo, Jenli, Romo Santo, Romo Sugiarto, dan Romo Alex Miskat. Selain itu, panitia juga mengundang beberapa suster Komunitas Biara Fatima FSGM Gisting dan Komunitas Biara Gembala Baik Gisting.

Ekaristi berjalan dengan meriah, meskipun tidak dihadiri oleh para peserta Dehonian Day. Para romo bruder, dan frater yakin semarak Dehonian Day tetap menggelora sampai ke hati sahabat dehonian yang bergembira bersama. Dalam kotbahnya, Romo Yudis juga mengatakan supaya kita jangan lupa untuk membangun koneksi antar satu dengan yang lain. Pandemi bukan jadi alasan untuk melupakan apalagi tidak peduli dengan sesama kita. Justru dalam situasi yang demikian kita perlu menaruh simpati dan empati kepada sesama kita. Dengan begitu terbangunlah koneksi dari hati ke hati. Pandemi bukan penghalang untuk menjalin persaudaraan. Kita mesti berjalan dan bergerak bersama Yesus dalam persaudaraan. Para frater juga berharap walaupun keadaan membatasi untuk saling bersentuhan, persaudaraan harus tetap terjalin.    

Pater Provinsial memberika tumpeng kepada wakil umat (Pak Andi) sebagai simbolisasi bahwa Para Dehonian berjalan bersama menghayati kharisma Pater Dehon.

Sebelum berkat penutup, para frater mengumumkan para pemenang perlombaan. Selanjutnya Romo Yohanes Ngatijan, SCJ menyampaikan kata penutup dan ucapan selamat jumpa pada Dehonian Day 180 tahun depan. Harapannya tema Dehonian Day 179 terus digemakan dalam kehidupan sehari-hari, “Kita Dehonian Berjalan dan Bergerak Bersama Yesus Dalam Persaudaraan.” Kemudian, rangkaian kegiatan Dehonian Day 179 ditutup dengan prosesi potong tumpeng yang diiringi nyanyian “Selamat Ulang Tahun” oleh para Romo, Bruder, Frater, Suster dan wakil umat yang hadir. Semoga Dehonian Day 180, tahun depan, dapat dilaksanakan dalam kondisi yang lebih baik.

Oleh: Fr. Fransiskus Frendy Styawan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*