“Tinggalah Dalam Kasih-Ku”

Dehonian Day 180 dan Pembukaan 100 th SCJ hadir di Indonesia

Tahun ini Postulat-Novisiat SCJ St. Yohanes Gisting kembali mengadakan acara Dehonian Day untuk memperingati kelahiran P. Yohanes Leo Dehon, pendiri Kongregasi SCJ yang ke 180 tahun secara ofline, setelah dua tahun belakangan dilaksanakan secara online karena dampak wabah virus covid 19 yang melanda dunia termasuk Indonesia. Disamping acara Dehonian Day, pada tahun ini SCJ Provinsi Indonesia juga tengah memepringati 100 tahun kehadiran SCJ di Indonesia. Dari sinilah muncul gagasan untuk menyatukan acara Dehonian Day dan 100 tahun SCJ di Indonesia dalam satu rangkaian acara.

Tema yang diambil untuk memperingati Dehonian Day ke 180 tahun dan 100 SCJ di Indonesia adalah “Tinggalah Dalam Kasih-Ku”, dikutib dari injil Yohanes 15:9. Makna kata ‘tinggal’ bukan sekedar memiliki arti ‘menetap’ namun sampai pada arti ‘bersatu’. Yang dimaksudkan ‘beratu’ adalah bersatu dalam kasih Allah. Kasih Allah ini juga telah dihidupi oleh para misionaris terdahulu, terkhusus para misionari SCJ yang berkarya di Sumatra Bagian Selatan. Maka tema ini ingin mengajak anak-anak (dan umat beriman) untuk semakin merasakan Kasih Allah dalam berbagai situasi serta meneladan semangat para misionaris yang rela memeprsembahkan hidupnya kepada Allah.

Rangkaian kegiatan Dehonian Day ke 180 dan peringatan 100 tahun SCJ di Indonesia dimulai dengan acara talk show pada tanggal 5 Maret 2023 pada pukul 16.000 WIB sebagai warming up menuju acara puncak Dehonian Day ke 180 tahun pada tanggal 12 maret 2023. Tujuan talk show ini adalah untuk mengupas sejarah kehadiran SCJ di Indonesia dan perkembangan SCJ di Indonesia saat ini. Romo f. A. Purwanto SCJ ditunjuk untuk menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut.  Kegiatan talk show ini dihari oleh beberapa anggota dehonian familyi yang ada di sekitar Paroki St. Pius X Gisting dan beberapa suster. Selain dilakasanakan secar ofline, talk show juga ditayangkan secara online melalui youtube komunitas Postulat-Novisiat SCJ St. Yohanes Gisting. Talk show berjalan dengan lancar, para pendengar sangat berantusias selama romo F. A. Purwanto SCJ menyampaikan materi. Banyak pertanyaan yang muncul dari para pendengar, baik secara langsung maupun mereka yang menonton melalui youtube, untuk mengupas lebih dalam lagi materi yang di berikan oleh narasumber. Kegiatan talk show berakhir pada pukul 18.00 WIB.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*