“Tinggalah Dalam Kasih-Ku”

Rm. Sukamto SCJ Superior Wilayah Lampung ditengah anak-anak remaka peserta DD 180

Akhirnya acara puncak dilakasanakan pada hari Minggu tanggal 12 Maret 2023 dengan kegiatan Dehonian Day dan promosi panggilan kaum religius di Komunitas Postulat-Novisiat SCJ St. Yohanes Gisting. Kegiatan dihadiri oleh 18 kontingan dari wilayah PRIGISEKALI dan dimuali dengan perayaan ekaristi di Gereja Paroki St. Pius X Gisting pada pukul 08.00 WIB. Peserta disambut oleh para frater yang bertanggungjawab menemani setiap kontingen. 600 orang kurang lebih hadir untuk mengikuti misa tersebut. Misa tersebut dipimpin oleh Romo Yulius Sukampto SCJ selaku Superior SCJ Wilayah Lampung dan Romo Yustinus Eko Yuniarto SCJ sebagai pemberi kotbah dan ditemani oleh Romo Y. A. Mulya SCJ sebagai konselebran serta beberapa imam yang berkarya di Postulat-Novisiat SCJ St. Yohanes Gisting. Selain itu misa juga terasa begitu megah lantaran SMP Yos Sudarso menjadi  petugas koor. Misa berakhir pada pukul 09.30 WIB.

Setelah misa kegiatan dilanjutkan menuju tenda utama. Para pembina dari masing-masing kontingen langsung melakukan regristrasi di sekretariat, juga mengambil snack dan nomor undian lonba yang telah di tentukan saat technical meeting yang lalu. Peserta Dehonian Day juga diminta untuk berfoto terlibih dahulu per-kontingen sebelum memasuki tenda utama. Kemudian para frater menyapa satu-per satu kontingen-kongtingen tersebut. Terdengar suara semangat dari para peserta, yang semakin menunjukan betapa mereka berantusian mengikuti acara ini setelah dua tahun belakangan tidak bisa hadir di komunitas Poastulat-Novisiat  SCJ St. Yohanes Gisting untuk mengikuti Dehonian Day.

Sebagai pembukaan atau opening ceremony animasi gerak lagu theme song Dehonian Day ke 180 tahun dikumandangakan. Semua peserta bergoyang dengan berantuasias dan bersemangat. Setelah animasi acara dilanjutkan dnegan sambutan oleh Romo Yohanes Ngatijan SCJ selaku pimpinan komunitas Postulat-Novisiat SCJ St. Yohanes Gisting.  Dalam sambutannya ia berharap bahwa dengan diadakannya kembali kegiatan Dehonian Day ke 180 tahun secara ofline ini, panggilan anak untuk menjadi seorang imam, bruder atau sester semakin bertumbuh, apalagi dalam kegiatan Dehonian Day kali ini dimeriahkan juga dengan hadirnya para kaum religius dari berbagai kongregasi yang mendirikan stand-stand promosi panggilan. Setelah sambutan kegiatan dilanjutkan dengan perlombaan. Dalam kegiatan Dehonian Day kali ini terdapat beberapa cabang lomba seperti mewarnai bagi anak-anak TK sampai SD kelas 3, lomba animasi gerak lagu theme song, lomba lektor, lomba mazmur dan lomba koor. Para peserta begitu berantusias dalam mengikuti aneka perlombaan tersebut. Sedangkan bagi mereka yang tidak mengikuti lomba juga aktif berkunjung ke stand-stand para kaum religius untuk berkenalan dnegan para romo, bruder dan suster-suster dari setiap kongregasi. Perlombaan tersebut dimulai dari pukul 10.00 WIB sampai pukul 12.30 WIB. Setelah itu kegiatan berhenti sejenak untuk memberikan waktu bagi peserta mengisi tenaga lagi dengan makan siang.

Pukul 13.00 WIB, MC kembali mengundang semua peserta dan para frater untuk bergoyang. Terlihat bahwa semangat para peserta belum hilang. Setelah animasi MC mengundang para kaum religius untuk naik ke panggung dan memeprkenalkan diri serta kongregasi meraka masing-masing. Usai berkenalan para kaum religius tersebut mempersembagkan sebuah tampilan yaitu menari lagu ‘Pekerja Kristus Yang Mulya’, yang mengartikan bahwa mereka adalah para pelayan Tuhan yang ingin bekerja di ladang Tuhan dan mengharapkan agar para anak-anak juga mau mengikuti teladan hidup mereka untuk menjadi pekerja Kristus. Setelah penampilan, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke stand-stand kaum religius. Para peserta langsung bergerak mengerumuni stand-stand yang ada. Kegiatan yang merka lakukan selama berkunjung di stand-stand tersebut, selain bertanya mengenai kongresasi dan nama-nama kaum religius, juga bermain game kecil-kecilan seperti melempar bola, tebak-tebakan dll. Pada pukul 15.00 MC menyampaikan kepada para peserta untuk kembali ke tenda utama.

Akhirnya acara terakhir yang dinanti-nantikan tiba yaitu pengumuman pemenang perlombaan dan pembagian hadiah. Pada Dehonian Day tahun ini tidak di adakan piala bergilir untuk juara umum seperti yang telah disepakati bersama. Sebab menang kalah perlombaan dan piala bukalah tujuan utama dari acara Dehonian Day ini. Setalah pengumuman pemenang dan pembagian hadiah kegiatan Dehonian Day diakhiri dengan foto bersama dan  animasi gerak lagu theme song.

Foto-foto lainnya bisa Anda lihat di SINI

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*